taburan

Sabtu, 15 Juni 2013

Konversi Bilangan Biner,Octal,Desimal,Hexa.


Desain programnya:

 

Syntaxnya adalah sebagai berikut:

Public Class Form1

    Private Sub btnhexa_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnhexa.Click
        niloutput.Text = Hex(Val(nilinput.Text))

    End Sub

    Private Sub btnbiner_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnbiner.Click
        Dim xHexa As String = Hex(Val(nilinput.Text))
        Dim xBin As String
        Dim xbin2 As String
        Dim xKata As String
        Dim i As Integer
        xbin2 = ""
        For i = 1 To Len(xHexa)
            xBin = ""
            xKata = Mid(xHexa, i, 1)
            Select Case UCase(xKata)
                Case "0"
                    xBin = "0000"
                Case "1"
                    xBin = "0001"
                Case "2"
                    xBin = "0010"
                Case "3"
                    xBin = "0011"
                Case "4"
                    xBin = "0100"
                Case "5"
                    xBin = "0101"
                Case "6"
                    xBin = "0110"
                Case "7"
                    xBin = "0111"
                Case "8"
                    xBin = "1000"
                Case "9"
                    xBin = "1001"
                Case "A"
                    xBin = "1010"
                Case "B"
                    xBin = "1011"
                Case "C"
                    xBin = "1100"
                Case "D"
                    xBin = "1101"
                Case "E"
                    xBin = "1110"
                Case "F"
                    xBin = "1111"
                Case "h", "H"
                    xBin = ""
                Case Else
                    xBin = ""
            End Select
            xbin2 = xbin2 + xBin
        Next i

        niloutput.Text = xbin2

    End Sub

    Private Sub btnoctal_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnoctal.Click
        niloutput.Text = Oct(Val(nilinput.Text))
    End Sub

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btndesimal.Click
        nilinput.Text = niloutput.Text
    End Sub

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

    End Sub

    Private Sub niloutput_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles niloutput.TextChanged

    End Sub

    Private Sub Btnhapus_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnhapus.Click
        nilinput.Text = ""
        niloutput.Text = ""

 
    End Sub
End Class

Hasilnya programnya :

 

Demikianlah  programnya, semoga  bermanfaat buat  kita semua........
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar