taburan

Jumat, 14 Juni 2013

Judul Soal : Kasus Pemrograman Pemakaian Listrik


Yuk! Belajar Pemrograman Visual Basic dot Net Di Mesran.Net
Judul Soal : 

Berikut adalah Jawaban Design dan Program:

 
listing programnya:
Public Class Form1
    Sub addkodepelanggan()
        With kp
            .Items.Add("TOK-MED-01")
            .Items.Add("TOK-BEL-02")
            .Items.Add("TOK-TEM-03")
            .Items.Add("TOK-MAR-04")
            .Items.Add("TOK-BIN-05")
            .Items.Add("TOK-PAK-06")
            .Items.Add("RUM-MED-07")
            .Items.Add("RUM-BEL-08")
            .Items.Add("RUM-TEM-09")
            .Items.Add("RUM-MAR-10")
            .Items.Add("RUM-BIN-11")
            .Items.Add("RUM-PAK-12")
            .Items.Add("SWA-MED-13")
            .Items.Add("SWA-BEL-14")
            .Items.Add("SWA-TEM-15")
            .Items.Add("SWA-MAR-16")
            .Items.Add("SWA-BIN-17")
            .Items.Add("SWA-PAK-18")
            .Items.Add("PAB-MED-19")
            .Items.Add("PAB-BEL-20")
            .Items.Add("PAB-TEM-21")
            .Items.Add("PAB-MAR-22")
            .Items.Add("PAB-BIN-23")
            .Items.Add("PAB-PAK-24")
        End With
    End Sub
    Sub rancang_tabel()
        With LV
            .Columns.Add("Kode Pelanggan", 100, HorizontalAlignment.Center)
            .Columns.Add("Besar Pemakaian", 100, HorizontalAlignment.Left)
            .Columns.Add("Pajak", 100, HorizontalAlignment.Left)
            .Columns.Add("Total Tagihan", 100, HorizontalAlignment.Left)
            .Columns.Add("Total Pembayaran", 100, HorizontalAlignment.Left)
            .FullRowSelect = True
            .GridLines = True
            .View = View.Details
        End With
    End Sub
    Sub isitabel()
        Dim x As New ListViewItem
        x.Text = kp.Text
        x.SubItems.Add(biayapemakai.Text)
        x.SubItems.Add(pajak.Text)
        x.SubItems.Add(totalharga.Text)
        x.SubItems.Add(totalpembayaran.Text)
        LV.Items.Add(x)
    End Sub
    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Call addkodepelanggan()
        rancang_tabel()
    End Sub

    Private Sub kp_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles kp.SelectedIndexChanged
        Dim x As String
        Dim y As String
        y = Microsoft.VisualBasic.Mid(kp.Text, 5, 3)
        x = Microsoft.VisualBasic.Left(kp.Text, 3)
        If x = "TOK" Then
            tipe.Text = "Toko"
        ElseIf x = "RUM" Then
            tipe.Text = "Rumah"
        ElseIf x = "SWA" Then
            tipe.Text = "Swalayan"
        Else
            tipe.Text = "Pabrik"
        End If
        If y = "MED" Then
            daerah.Text = "Medan"
        ElseIf y = "BEL" Then
            daerah.Text = "Belawan"
        ElseIf y = "TEM" Then
            daerah.Text = "Aksara"
        ElseIf y = "MAR" Then
            daerah.Text = "Marendal"
        ElseIf y = "BIN" Then
            daerah.Text = "Binjai"
        Else
            daerah.Text = "Lubuk Pakam"
        End If
    End Sub

   


 Private Sub tipe_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles tipe.TextChanged
        If tipe.Text = "Toko" Then
            biayabeban.Text = 250000
            hargakwh.Text = 1000
        ElseIf tipe.Text = "Rumah" Then
            biayabeban.Text = 350000
            hargakwh.Text = 2000
        ElseIf tipe.Text = "Swalayan" Then
            biayabeban.Text = 400000
            hargakwh.Text = 25000
        Else
            biayabeban.Text = 2500000
            hargakwh.Text = 10000
        End If
    End Sub

    Private Sub btnhapus_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnhapus.Click
        kp.Text = ""
        daerah.Text = ""
        tipe.Text = ""
        biayabeban.Text = ""
        hargakwh.Text = ""
        biayapemakai.Text = ""
        bulanini.Text = ""
        bulanlalu.Text = ""
        pajak.Text = ""
        totalharga.Text = ""
        totalpembayaran.Text = ""
    End Sub

    Private Sub btnkeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnkeluar.Click
        End
    End Sub

    Private Sub btnproses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnproses.Click
        biayapemakai.Text = Val(bulanini.Text - bulanlalu.Text)
        totalharga.Text = Val(biayabeban.Text) + Val(hargakwh.Text) * Val(biayapemakai.Text)
        pajak.Text = 0.015 * Val(totalharga.Text)
        totalpembayaran.Text = Val(pajak.Text) + Val(totalharga.Text)

    End Sub

    Private Sub btnsimpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnsimpan.Click
        isitabel()
    End Sub
End Class

Hasilnya adalah sebagai berikut:


Demikilahlah postingan saya  Nama : (Nurkhomariyah)  NPM : (1111380)
Selamat Pemrograman VB NET 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar